Bismillahirrahmanirrahim
Hadist Jabir bin Samurah:
كَانَ مُؤَذِّنُ رَسُولِ اللهِ –صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ– يُمْهِلُ فَلاَ يُقِيمُ، حَتَّى إِذَا رَأَى رَسُولَ اللهِ –صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ– قَدْ خَرَجَ أَقَامَ الصَّلاَةَ حِينَ يَرَاهُ
Kebiasaan muadzin Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam menunggu, sehingga ia tidak mengumandangkan iqâmat sampai ia melihat Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar (dari rumahnya). Ia mengumandangkan iqâmat saat melihat Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam [HR. At-Tirmidzi, 1/391 pada bab Imam berhak mengenai iqomah
Pada penulusuran matan hadits di maktabah syamilah, hadist ini juga terdapat pada: Musnad Ahmad 34/435
Imam At-Tirmidzi setelah meriwayatkan hadits tersebut, beliau mengatakan:
Iوَهَكَذَا قَالَ بَعْضُ أَهْلِ العِلْمِ: إِنَّ الْمُؤَذِّنَ أَمْلَكُ بِالأَذَانِ، وَالإِمَامُ أَمْلَكُ بِالإِقَامَةِ
Demikianlah sebagian ahli ilmu mengatakan: bahwa muadzin lebih berhak terhadap adzan, sedangkan Imam lebih berhak terhadap iqâmat. [Sunan Tirmidzi, 1/275]
Hadits ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma, beliau berkata:
لَمَّا مَرِضَ النَّبِيُّ –صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ– مَرَضَهُ الَّذِي مَاتَ فِيهِ أَتَاهُ بِلاَلٌ يُوذِنُهُ بِالصَّلاَةِ، فَقَالَ: «مُرُوا أَبَا بَكْرٍ فَلْيُصَلِّ»
Ketika Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sakit yang Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berujung wafatnya Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Bilal mendatangi Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberitahukan tentang shâlat. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Perintahkan Abu Bakar shâlat (menjadi Imam)”. [HR. Al-Bukhâri, no. 712, 713 dan Muslim, no. 418/95]
Dalam riwayat di atas disebutkan, Bilal sampai mendatangi Rasulullah meminta izin untuk melaksanakan shalat berjamaah.
Para ulama mengenai hal ini mereka berpendapat:
Imam Ibnu Qudâmah (wafat th 620 H)dalam Al-Mughni, Beliau rahimahullah mengatakan:
وَلَا يُقِيمُ حَتَّى يَأْذَنَ لَهُ الْإِمَامُ، فَإِنَّ بِلَالًا كَانَ يَسْتَأْذِنُ النَّبِيَّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ –
Muadzin tidak boleh mengumandangkan iqâmat sampai imam mengijinkannya. Karena Bilal biasa meminta izin kepada Nabi.
Imam an-Nawawi (wafat th 676 H) dalam Al-majmu’,Beliau rahimahullah mengatakan,
قَالَ أَصْحَابُنَا وَقْتُ الْأَذَانِ مَنُوطٌ بِنَظَرِ الْمُؤَذِّنِ لَا يَحْتَاجُ فِيهِ إلَى مُرَاجَعَةِ الْإِمَامِ وَوَقْتُ الْإِقَامَةِ مَنُوطٌ بِالْإِمَامِ فَلَا يُقِيمُ الْمُؤَذِّنُ إلَّا بِإِشَارَتِهِ
Ulama yang semazhab dengan kami berkata, ‘Waktu adzan diserahkan kepada pandangan muadzin. Ia tidak perlu bertanya dulu kepada imam. Adapun waktu iqâmat diserahkan kepada imam, sehingga muadzin tidak boleh mengumandangkan
iqâmat melainkan dengan isyarat/perintah dari imam.”
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullâh bin Bâz t (wafat th 1420 H). Said bin Ali Al-Qahthâni, penulis kitab Shâlatul Mukmin berkata:
وَسَمِعْتُ اَلْعَلَّامَةَ عَبْدَ الْعَزِيْزِ بنَ عَبْدِ اللهِ ابنِ باَز – رَحِمَهُ اللهُ – يَقُوْلُ:لَا يعجل بِالْإِقَامَةِ حَتَّى يَأْمرَ بِهَا اَلْإِمَامُ، وَيَكُوْنُ ذَلِكَ رُبُع سَاعَة أَوْ ثُلُث سَاعَة أَوْ نَحْوَ ذَلِكَ، وَإِذَا تَأَخَّرَ الْإِمَامُ تَأَخُّرًا بَيِّنًا جَازَ أَن يَتَقَدَّمَ بَعْضُ الْحَاضِرِيْنَ فَيُصَلِّي بِالنَّاسِ
Aku telah mendengar al-‘Allâmah Abdul Aziz bin Abdullâh bin Bâz rahimahullah berkata, “Tidak boleh menyegerakan iqâmah hingga imam memerintahkan. Jarak (adzan dengan iqâmat) itu sekitar seperempat jam (15 menit) atau sepertiga jam (20 menit) atau yang mendekatinya. Jika imam terlambat dalam waktu cukup lama, orang lain boleh maju menjadi imam”. [Shalâtul Mukmin, hlm. 157-158]
Dengan demikian iqomah adalah hak imam , muadzin tidak boleh melakukan iqomah sebelum izin atau mendapatkan isyarah dari Imam. ( aspri )
Wallahu ‘alam bishowab
Referensi:
1. Maktabah syamilah
2. Al-majmu’
3. Almughni
4. Makalah terkait
PESANTREN PERSIS 138 CIKIJING